Ada 3 tipe penyelamatan diri yang dapat digunakan untuk melarikan diri dari bahaya kebakaran, yaitu:
1. Langsung menuju tempat terbuka
2. Melalui koridor atau gang
3. Melalui trowongan atau tangga kedap asap/api
Rute penyelamatan diri harus memenuhi syarat sehingga memungkinkan seluruh penghuni dapat menyelamatkan diri dengan cepat dan aman. Persoalannya adalah bagaimana agar seluruh penghuni dapat berevakuasi secara serentak, dalam waktu yang singkat dan aman. Sebagai pedoman dalam perencanaaan rute penyelamatan ada beberapa faktor:
a. Klasifikasi hunian
1. Resiko Ringan
2. Resiko Sedang
3. Resiko Berat
b. Lamanya waktu keluar
1. Resiko Ringan = 3 menit
2. Resiko Sedang = 2 ½ menit
3. Resiko Berat = 2 menit
c. Panjang Jarak Tempuh
1. Resiko Ringan = 30 meter
2. Resiko Sedang = 20 meter
3. Resiko Berat = 15 meter
d. Pintu Keluar (exit)
Dari hasil percobaan dalam keadaan normal jumlah rata-rata orang yang keluar dengan satu baris tunggal tiap menit 60 orang. Dalam perencanaan diperhitungkan 40 orang/menit.
Lebar unit exit yang diperlukan untuk dapat dilalui tiap satu baris tunggal ditetapkan minimal 21”.
Banyaknya Lebar Tempat Keluar (LTK)
U = N/40xT
Dimana N : Jumlah Orang
T : Batas / waktu dalam menit (3', 2.5', 2')
U : Banyaknya LTK yang dibutuhkan
Selanjutnya ketentuan tiap satuan unit exit ditetapkan sebagai berikut:
Dua unit exit : 21” + 21”
Tiga unit exit : 21” + 21” + 18”
Empat unit exit : 21” + 21” + 18” + 18”
dst ditambah 18”
Lebar unit exit 21” adalah 52,5 cm.
Banyaknya tempat keluar (Number of exits) :
E = U/4 +1
Dimana E : Banyaknya tempat keluar atau tangga
e. Kecepatan pergerakan per orang (Movement Velocity of Exiting Individuals)
S = k – akD
Dimana :
S : Kecepatan sampai mendekati jalan keluar
D : Kepadatan orang pada tiap gedung (Orang/m2)
k : Konstanta (m/s)
k1 dan a = 2,86 ft2/orang untuk kecepatan dalam ft/min dan kepadatan dalam Orang/ft2.
k2 dan a = 0,266 m2/orang untuk kecepatan dalam m/s dan kepadatan dalam Orang/m2.
Tabel 2.2 Konstanta Untuk Kecepatan Evakuasi (SFPE)
Exit Route Elemen | | k1 | k2 |
Corridor, Aisle, Ramp, Doorway Stairs | 275 | 1.40 | |
Riser (in.) | Tread (in.) | | |
7.5 | 10 | 196 | 1.00 |
7.0 | 11 | 212 | 1.08 |
6.5 | 12 | 229 | 1.16 |
6.5 | 13 | 242 | 1.23 |
(Sumber : SFPE 3rd edition 2002)
f. Penempatan Pintu Keluar
Penempatan pintu keluar darurat harus diatur sedemikian rupa sehingga dimana saja penghuni dapat menjangkau pintu keluar (exit) tidak melebihi jarak yang telah ditetapkan.
g. Koridor dan Jalan Keluar
Koridor dan Jalan Keluar sangat perlu untuk memperlancar jalannya para pengungsi keluar meninggalkan daerah kebakaran/berbahaya menuju tempat aman, apabila terjadi kebakaran. Koridor dan jalan keluar harus tidak licin, bebas hambatan dan mempunyai lebar:untuk koridor minimum 1,2 meter dan untuk jalan keluar minimum 2 meter.
Tangga Darurat
Sesuai dengan Peraturan Daerah DKI Jakarta No. 3 Tahun 1992 Tentang Penanggulangan Bahaya Kebakaran Dalam Wilayah Daerah Khusus Ibukota Jakarta dinyatakan bahwa tangga darurat dilarang berbentuk tangga spiral. Semua tangga darurat harus dapat melayani semua lantai mulai dari lantai bawah sampai lantai teratas bangunan. Tangga ini harus berhubungan langsung dengan jalan, halaman atau tempat terbuka yang langsung berhubungan dengan jalan umum. Semua tangga luar yang permanen dapat digunakan sebagai saran jalan keluar bila memenuhi ketentuan tersebut diatas. Adapun syarat-syarat yang harus dipenuhi oleh sebuah tangga darurat, yaitu :
1. Tangga ini harus dilengkapi dengan pagar pengaman setinggi minimum 1,2 meter
2. Harus berjarak sekurang-kurangnya 1 meter dari bukaan yang berhubungan dengan tangga tersebut.
3. Lebar pijakan pada anak tangga minimum 25 cm
4. Injakan anak tangga harus padat, kecuali untuk pembuangan air selebar 2,5 cm
5. Konstruksi tangga yang terbuat dari logam harus dibungkus dengan pasangan bata atau beton atau diberi lapisan tahan api dan kedap air.
6. Semua tangga harus dilengkapi oleh langkan (pegangan tangga) atau pelindung pada kedua sisinya dengan ketinggian 75 cm dan maksimum 105 cm
7. Langkah atau pelindung harus dibuat sedemikian rupa sehingga dapat menahan tekanan minimum 100 kg
Jumlah orang yang terakomodasi tangga darurat dirumuskan dengan:
P=200W+50(W-0,3)(n-1)
Dimana :
P : Jumlah orang yang dapat terakomodasi melalui tangga
w : Lebar tangga dalam meter
n : Jumlah lantai bangunan
Tidak ada komentar:
Posting Komentar